Pengertian Vektor dan Bitmap

Dunia grafis bagi sebagian orang adalah sumber mata pencaharian mereka. memang hal ini bukan sebuah isapan jempol belaka. buktinya? Ketika kita masuk ketempat pembuatan banner atau lainnya kita pasti akan mengetahui bahwa untuk menyewa mereka dalam mengedit atau membuat desain buat kita ongkosnya tidaklah sedikit.
Mempelajari hobbi kita secara mendalam, tidak ada ruginya. sebab, saya pernah empat tahun bekerja di bidang ini sebagai perancang untuk pembutan undangan
Sedikit bercerita tentang pembelajaran grafis. kali ini saya mau menceritakan tentang pengertian dua buah gambar yaitu gambar vektor atau gambar ilustrasi dan gambar bitmap atau gambar foto.
Dalam dunia desain grafis, gambar digolongkan menjadi dua jenis :
  1. Gambar Vektor
  2. Gambar Bitmap
Apaitu gambar vektor dan gambar bitmap?
Penjelasannya sebagai berikut :

Gambar Vektor
Gambar vektor adalah gambar yang dihasilkan melalui penghitungan matematis dengan menentuhkan geometri suatu objek dan merupakan gambar yang berbentuk garis dan kurva. Gambar vektor berbentuk objek-objek yang bersifat geometri (misal : lingkrangan, persegi panjang dll). Gambar-gambar tersebut dihubungakan dengan garis-garis yang menautkan.

Gambar Bitmap
Gambar bitmap yaitu representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Dikembangkan oleh Microsoft dan nilai setiap titik diawali oleh satu bit data untuk gambar hitam putih, atau lebih bagi gambar berwarna. Kerapatan titik-titik tersebut dinamakan resolusi, yang menunjukkan seberapa tajam gambar ini ditampilkan, ditunjukkan dengan jumlah baris dan kolom.
(www.ahlidesain.com)
Menambahkan bahwa gambar Bitmap ini juga sering disebut dengan gambar Raster. Karena gambar ini terbentuk dari titik-titik dan sebelum pixel digunakan biasanya untuk mencetak gambar Bitmap ini diperlukan Resolusinya berbentuk DPI (Dot per Item) artinya kalau pixel berbentuk kotak-kotak pada bagian gambar kalau DPI berentuk Dot (titik) pada suatu item.
 Kenapa ada dua model format gambar?
Kedua format gambar itu ibarat sebuah dua buah mata uang saling yang berbeda, tetapi saling berkaitan. Hal itu ditunjukkan dari penggunaannya. Gambar Bitmap lebih condong digunakan untuk gambar-gambar dengan gradasi yang tinggi misal pada photografi. Sedangkan pada vektor digunakan untuk ilustrasi-ilustrasi objek yang menekankan pada kepiyawaian mengolah bebuah garis untuk dijadikan suatu konsep gambar. atau yang lainnya...

Keterkaitannya?
Ketika pembaca ingin mengupload sebuah file gambar keinternet sedangkan file gambar tersebut merupakan hasil gambar vektor. Pembaca harus bisa mengconversikan file gambar Vektor tersebut menjadi file gambar Bitmap.
Pewarnaan yang diguanakn pun tidak jauh berbeda masih menggunakan RGB atau CYMK atau Hex (kodewarna hexadecimal, biasanya digunakn untuk pewarnaan HTML). Kedua gambar tersebut juga sudah mensupport warna-warna yang di bicarakan diatas.

Perbedaannya?
Untuk perbedaannya bisa diklik disini....
Semoga bisa membantu kebingungan pembaca atau malah bisa menambah pengetahuan pembaca bagi yang belum tahu....

Terimakasih.....

0 komentar:

Poskan Komentar