Berkemah

Kegiatan kepramukaan tidak terlepas dari istilah berkemah, berkemah dalam kegiatan kepramukaan merupakan hal wajib yang harus dialami oleh setiap pramuka. Namun, tahukah anda manfaat dan tujuan berkemah?

Sebelum membahas kalimat tersebut ada baiknya kita menelaan terlebih dahulu pengertian berkemah.

Apa itu berkemah?
Berkemah adalah sebuah kegiatan rekreasi di luar ruangan. Kegiatan ini umumnya dilakukan untuk beristirahat dari ramainya perkotaan, atau dari keramaian secara umum, untuk menikmati keindahan alam. Berkemah biasanya dilakukan dengan menginap di lokasi perkemahan, dengan menggunakan tenda, di bangunan primitif, atau tanpa atap sama sekali.
(Baca juga artikel tentang perlengkapan berkemah disini)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kemah (kata benda) adalah tempat tinggal darurat, biasanya berupa tenda yang ujungnya hampir menyentuh tanah dibuat dari kain terpal dan sebagainya. perkemahan (kata benda) 1 hal berkemah; 2 himpunan kemah (pramuka, pasukan, dsb); tempat berkemah.

Berkemah juga bisa dimaknai dengan menciptakan contoh hubungan keluarga. Mengapa demikian? Karena, berkemah didalamnya terdapat berbagai macam unsur terbentuknya sebuah keluarga, ada Pemimpin (pimpinan regu), ada yang anggota-anggota yang memiliki tugas yang berbeda-beda, ada juga “rumah” yang dibangun

Apa Manfaat Berkemah?
Berkemah memiliki manfaat antara lain :
  1. Mengagumi alam ciptaan Tuhan YME
  2. Mempercakap diri dalam melaksanakan ajaran-ajaran pramuka
  3. Mempraktikan sistem kerukunan
  4. Dapat mengenal alam dan kawan dari dekat
  5. Kita akan menemukan hal-hal yang baru yang akan mempertebal percaya pada diri pribadi

Lalu apa tujuan dari berkemah?
  1. Memeberikan pengalaman adanya saling ketergantungan antara unsur-unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikannya, menjaga lingkungan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab akan masa depan yang menghormati keseimbangan alam.
  2. Mengembangkan kemampuan diri mengatasi tantangan yang dihadapi, menyadari tidak ada sesuatu yang berlebih di dalam dirinya, menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan.
  3. Membina kerjasama dan persatuan dan persaudaraan.
Manfaat dan tujuan berkemah dalam memang bukan mencerdaskan orang secara kognitifnya saja, namun, juga menuntut afektif dan psikomotor. Hal itu jelas menjadikan bahwa pramuka memang sebuah wahana yang sangat tepat untuk membentuk suatu karakter bangsa.

0 komentar:

Poskan Komentar