Mengetik Sepuluh Jari

Mengetik sepuluh jari merupakan suatu sistem mengetik dengan sistem buta, artinya kita hanya melihat tulisan yang akan diketik dan tangan bekerja sendiri menggunakan insting kita. tanpa mata melihat ke arah keybord atau tuts. sekalipun kita melihat kita hanya sesekali saja. tidak full kita harus melihat keybordnya.
pada mengetik sepuluh jari memiliki kelibihan dan kekurangan, sebagai berikut :

Kelebihan dari mengetik sepuluh jari antara lain :
  1. Jari-jari tangan kita tidak akan mudah lelah karena adanya pembagian tugas.
  2. Mangkin lama kecepatan mengetik akan semakin cepat secara bertahap ( jika dilatih secara teratur)
  3. mata tidak mudah lelah karena terfokus pada monitor atau pada naskah yang akan diketik saja.
  4. Mengetik dengan sistem sepuluh jari akan lebih cepat ketimbang menulis tangan.

Kekurangan :
  1. Tidak dapat langsung bisa secara Instan (harus selalu latihan)
  2. Kesalahan pengetikan tidak dapat langsung diketahui oleh si pengetik karena si pengetik menggunakan istingnya / gerakan refleknya.
  3. Tidak dapat melihat angka dengan teratur

Nah sekarang sudah tahukan kelemahan dan kelebihan mengetik sepuluh jari. Tidak perlu saya uraikan apa itu mengetik sepuluh jari. Bagi yang BERMINAT untuk mempelajarinya saya upunya sedikit tip dan triknya.

Tip dan triknya saya ambil ketika saya mengajari adik saya, supaya dia bisa mengetik sepuluh jari. Dan ternyata hasilnya sangat memuaskan dalam waktu 6 bulan dia sudah bisa mengetik sistem sepuluh jari, padahal dia baru duduk di bangku kelas III (tiga) Sekolah Dasar. Dan metode ini juga saya gunakan ketika saya belajar mengetik sistem sepuluh jari yang ternyata cuma memakan waktu 3 bulan saja (itu pun harus teratur. artinya setiap hari harus latihan, minimal 1 lembar)

Gambar PosisiTangan
Begini Tip dan Triknya :
1. Niat (Kesungguhan)
Setiap hal-hal yang baik pastilah diawali dengan sebuah niat, supaya akan membuahkan hasil yang manis. Selain itu niat yang dimaksudkan saya adalah anda sekalian bersungguh-sungguh dan ingin sekali bisa untuk bisa mengetik dengan sistem 10 jari. Jika tidak sungguh-sungguh maka sebaiknya tidak usah saja. Karena hal ini akan memakan waktu sedikit lama. Jadi persiapkanlah baik-baik.

2. Posisi Duduk.
Carilah posisi duduk yang dianggap enak oleh anda ketika anda sedang melakukan proses pengetikan.
saran saya adalah sebagai berikut : (1) Punggung harus tegak bersandar pada kursi (2) Dada lapang tidak menekan meja (3) bahu dan lengan atas harus dirilexkan.
tujuannya adalah ketika kita mengetik kita tidak mudah capek, dan tulang belakang kita tidak menjadi bungkuk.

3. Posisi Jari-jari tangan.
Disinilah letak kunci dari mengetik sistem sepuluh jari yaitu pada posisi jari-jari tangan.
Letakanlah jari-jari pada posisi awal yaitu jari-jari  kiri pada "ASDF" dan jari-jari kiri pada "JKL;". pada keyboad komputer dapat anda perhatikan ada sebuah tonjolan pada huruf "J" dan "F". Hal itu dimaksudkan untuk menempatkan kedua jari telunjuk (kanan-kiri) dan diikuti jari-jari berikutnya.
Nah beginilah penempatan jari-jari pada keyboard.

Jari-jari TANGAN KANAN terletak pada posisi
- Ibu Jari                 : Terletak pada tuts Spasi
- Jari Telunjuk         : Terletak pada tuts "J" dengan jangkauan tuts     h  ;  y  ;  u  ;  m  ;  n
- Jari Tengah           : Terletak pada tuts "K" dengan jangkauan tuts    i   ; , (koma)
- Jari manis             : Terletak pada tuts "L" dengan jangkauan tuts    o  ;  . (titik)
- Jari Kelingking    : Terletak pada tuts ";" dengan jangkauan tuts    p   ; tuts-tus tanda hubung  ; dan juga sebagai tuts yang menekan SHIFT atau ENTER

Jari-jari TANGAN KIRI terletak pada posisi
- Ibu jari                  : Terletak pada tuts Spasi
- Jari Telunjuk          : Terletak pada tuts "F" dengan jangkauan tuts    g  ;  t  ;  r  ;  v  ;  b
- Jari Tengah            : Terletak pada tuts "D" dengan jangkauan tuts    e  ;  c
- Jari Manis              : Terletak pada tuts "S" dengan jangkauan tuts    w  ;  x
- Jari Kelingking     : Terletak pada tuts "A" dengan jangkauan tuts  q   ;   z  ;   `   ;  dan juga menekan CTRL, SHIFT, CAPSLOCK, TAB

untuk tuts-tuts nomor dapat digunakan "nom lock" pada keyboard!!! supaya mempercepat pengetikan.
dengan cara : jari telunjuk kanan ditempatkan pada nomor "5" sebagai pusat Numlock.

Cara pemakaian :
  • untuk tangan sebelah kiri anda dapat menggerak-gerakan ke atas dan kebawah tetapi miring ( / ) seperti gambar.
  • untuk tangan sebelah kanan anda dapat menggerak-gerakan ke atas dan kebawah tetapi miring ( \ ) seperti gambar. (lihatlah perbedaan tanda!!!).
  • untuk menguatkan hentakan pada tuts keyboard (sekalipun tidak perlu keras-keras, tetapi, cuma untuk menguatkan jari-jari saja) sebaiknya di latih dengan cara menekan-nekan keyboar sesuai dengan tugasnya. misalnya : jari kelingking kiri mengetik "aaaaa...." tetapi jari yang lainnya tetapi pada posisi awal cuma kelingking saja yang bergerak.
  • setelah bisa menggunakan sebuah jari (entah kiri dulu atau kanan dulu) maka kombinasikan dengan jari pada tangan satunya. misalnya : jari kelingking kiri dengan jari telunjuk kanan mengetik "ajajajaj...."
  • lakukanlah dengan huruf sayang berlawanan.
  • setelah dirasa cukup mampu dan jari cukup kuat untuk menghentakkan tuts maka mulailah menuliskan kata-kata yang sederhana dahulu.
  • jika masih bingung lihatlah tuts-tuts pada keyboard.
  • dan jika sudah terlalu lama anda mencobanya Insya Allah dengan sendirinya anda akan hafal letak huruf-huruf pada keyboard tersebut tanpa anda hafalkan. tetapi dengan catatan anda sering latihan.

SARAN :
untuk menyempurnyakan kecepatan dan ketepatan mengetik anda memanfaatkan softwere yang membantu dalam melatih sistem mengetik sepuluh jari, yang banyak beredar di pasaran. saya tidak mau menyebutkan mereknya, nanti dikira promosi.


4. Menambahkan Musik sebagai sarana mengiramakan hentakan dalam mengetik
Maksudnya begini. Setiap orang pasti memiliki perasaan senang terhadap musik (musik apa saja). dari pada kaki atau menggelenggelengkan kepala atau yang lainnya sebaiknya kita mencoba mengetik dengan menyesuaiakan irama lagu yang kita sukai. Hal itu akan membuat kita semakin bersemangat ketika mengetik dan membuat kita tidak mudah cepat lelah.

5. Atur jarak antara keyboard dengan monitor.
Sebenarnya ini tidak terlalu harus. Tetapi, untuk menjaga agar mata kita tetap sehat dan tidak mudah lelah maka tidak ada salahnya dicoba.
dengan cara : meletakkan sebuah meja lagi di depan meja komputer yang ukurannya lebih besar dari meja komputer (terserah mau berapa besar yang penting lebih besar dari meja komputer). hal itu bertujuan untuk meletakkan monitor atau bahkan CPU. agar nantinya meja komputer dapat dipakai untuk meletakan keyboard, mouse, dan naskah yang akan diketik.

Sekian tip dan trik mengetik sepuluh jari dari saya jika masih ada yang bingung atau ada yang mau menambahkan silahkan kasih komentarnya. Saya akan berterima kasih kepada anda.

SELAMAT MENCOBA!!!

Post a Comment